Berbagai Persiapan Sebelum Menikah Untuk Perempuan (Calon Istri)

Berbagai Persiapan Sebelum Menikah Untuk Perempuan (Calon Istri). Berbagai Persiapan Sebelum Menikah Untuk Perempuan (Calon Istri) - Dan siapa yang telah menikah, patutlah ia mengucapkan hamdalah karena ia sedang berada di jalan yang sesuai dengan perintah agama.

Sebagaimana sabda Rasulullah, "Nikah itu sunnahku, barangsiapa yang tidak suka dengan sunnahku maka dia bukan dari kalangan ummatku". Maka, bagi Anda perempuan yang akan menikahinilah berbagai persiapan yang harus dilakukan untuk mencapai sebuah keluarga yang diidam-idamkan, yakni sakinah, mawaddah, wa rahmah.

persiapan pernikahan

Nah ini dia beberapa informasi mengenai Berbagai Persiapan Sebelum Menikah Untuk Perempuan (Calon Istri) yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber dari : google.com.

* Persiapan Spiritual *

Setiap muslimah pasti berharap untuk dapat memiliki pendamping (suami) seorang muslim yang shalih.Untuk mewujudkan harapan itu, kita perlu ingat firman Allah yang diungkapkan dalam QS. An-Nur ayat 26, “Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji (pula), dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik…“

Bila dalam diri seorang perempuan memiliki keinginan untuk mendapatkan seorang suami yang shalih, maka harus diupayakan agar dirinya menjadi shalihah terlebih dulu. Tujuannya bukan hanya semata untuk mencari jodoh, tetapi lebih kepada untuk beribadah mendapatkan ridho-Nya, serta agar dapat menjadikan pernikahan sebagai sarana untuk beribadah.

* Persiapan Kepribadian *

Seorang perempuan harus paham dan sadar betul bahwa bila menikah nanti akan ada seseorang yang baru ia kenal, tetapi langsung menempati posisi sebagai seorang pemimpin yang senantiasa harus dihormati dan ditaati. Disinilah salah satu ujian dalam pernikahan. Berbagai perbedaan itu dapat menjadi pemicu timbulnya konflik. Untuk itu, harus ada persiapan jiwa yang besar dalam berusaha mengenali dan menerima calon suami kita.

* Persiapan Material *

Dalam memahami kesiapan material ini, bukan berarti Islam menghendaki kita berpikiran materialistis, yaitu hidup yang hanya berorientasi pada materi. Akan tetapi bagi seorang suami yang akan mengemban amanah sebagai kepala keluarga, maka diutamakan adanya kesiapan calon suami untuk menafkahi. Dan bagi pihak perempuan, perlu adanya kesiapan untuk mengelola dan mengatur keuangan keluarga.

* Persiapan Konsepsional *

Persiapan yang satu ini berarti persiapan untuk memahami konsep pernikahan. Seorang perempuan yang akan menikah haruslah memahami bahwa pernikahan adalah sebagai ajang untuk menambah ibadah dan pahala, terutama dalam shalat “Dua rokaat dari orang yang telah menikah lebih baik daripada delapan puluh dua rokaatnya orang yang bujang” (Al-Hadits). Dan yang terakhir pernikahan adalah sarana tarbiyah (pendidikan) serta ladang dakwah baik dakwah ke keluarga, maupun ke masyarakat.

* Persiapan Sosial *

Kesiapan sosial. Setelah sepasang laki-laki dan perempuan menikah, berarti status sosialnya dimasyarakat pun berubah. Mereka bukan lagi gadis dan lajang tetapi telah berubah menjadi sebuah keluarga. Sehingga mereka pun harus mulai membiasakan diri untuk terlibat dalam kegiatan di kedua belah pihak keluarga maupun di masyarakat.

* Persiapan Fisik *

Kesiapan fisik ini ditandai dengan kesehatan yang memadai sehingga kedua belah pihak akan mampu melaksanakan fungsi diri sebagai suami ataupun istri secara optimal. Saat sebelum menikah, ada baiknya bila memeriksakan kesehatan tubuh, terutama faktor yang mempengaruhi masalah reproduksi.

Gimana informasi mengenai Berbagai Persiapan Sebelum Menikah Untuk Mempelai Wanita pastinya sangat bermanfaat sekali kan buat Anda ? Semoga bisa membantu Anda yaa apalagi buat Anda yang sedang ingin mempersiapkan pernikahan ini wajib sekali Anda ketahui informasinya yaa, Terimakasih karena sudah membaca infomasi diatas, apabila ingin mengetahui informasi lainnya bisa baca Tips dan Trik Cara Menjadi Menantu Kesayangan Mertua.
Berbagai Persiapan Sebelum Menikah Untuk Perempuan (Calon Istri) | Admin | 5